4 Bahasa Rahasia Terunik di Dunia

Saturday, May 18, 2013


Bahasa dibutuhkan manusia untuk bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya. Namun di saat-saat tertentu, bahasa-bahasa lisan seperti yang acap kali kita gunakan tidak bisa digunakan karena alasan-alasan tertentu. Ketika itu, manusia dengan cerdiknya menciptakan bahasa-bahasa baru yang berisikan isyarat maupun kode, sehingga tetap bisa saling berkomunikasi seperti biasa.

Berikut lima bahasa rahasia paling unik, yang pernah diciptakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

1. “Bahasa wanita” di Cina

Menjadi wanita Cina sebelum abad 20 tidaklah menyenangkan. Mereka tidak bisa memperoleh pendidikan, bahkan membaca. Namun hal itu tidak menyurutkan keinginan mereka untuk berkomunikasi—khususnya secara rahasia—dengan sesamanya. Adalah nushu, “bahasa wanita” yang hanya diketahui oleh wanita. Tulisan ini biasanya diwariskan dari ibu ke anak perempuan mereka. Biasanya, huruf ini dibordir pada pakaian atau dilukis dalam kipas. Ada sekitar 1.000 karakter nushu yang merupakan modifikasi dari huruf kanji. Para wanita Cina yang menciptakan huruf ini dipercaya mengetahui huruf itu setelah mengintip anak lelaki yang sedang belajar. Di abad ke-20, komunis Cina mulai melarang bahasa ini dan mengijinkan wanita untuk memperoleh pendidikan seperti layaknya para pria.

2. Bahasa Boontling di Amerika Serikat

“Apple head”, “horn of zeese”, “buckey walter”. Menurut Anda, apa arti kata-kata ini? Sejenis makanan? Bahasa apakah yang membentuk kata-kata ini? Inggris? Ataukah Jerman? Kata pertama berarti pacar (perempuan), kata kedua berarti secangkir kopi, dan yang terakhir berarti telepon. Inilah bahasa Boontling, sebuah daerah bernama Boonville di bagian utara California. Di tahun 1800-an, keluarga petani yang berdiam di tempat itu kerap kali melakukan kegiatan seperti memancing, menembak, dsb. Mereka kemudian menciptakan sebuah bahasa agar orang di luar desa itu tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Namun sebenarnya bahasa ini diciptakan oleh para lelaki agar pacar ataupun istri mereka tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Sayangnya, kepandaian wanita memang tidak bisa dianggap remeh. Mereka pun dengan segera memahami bahasa rahasia ini dan mulai menggunakannya. Nah, menurut Anda apa kira-kira arti kata “Charlie Ball”? Temukan jawabannya disini.

3. Bahasa bunga

Tahukah Anda bahwa di era Victoria, bahasa bunga sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari? Seorang lelaki dapat melamar seorang gadis hanya dengan menyerahkan setangkai bunga, dan gadis itu dapat menolaknya hanya dengan menerimanya dengan tangan kiri! Di jaman itu, mengungkapkan perasaan dengan kata-kata secara frontal adalah hal yang kasar dan tidak sopan, jadi mereka menggantinya dengan menggunakan bunga. Tidak hanya bunga, tanaman lain seperti herbal ataupun buah pun bisa digunakan sebagai pengganti kata-kata. Jadi, jika Anda ingin memraktikkan bahasa ini, pastikan Anda telah memiliki bunga yang tepat dan memberi ataupun menerimanya, juga dengan tangan yang tepat.

4. Bahasa kipas

Kipas tidak hanya berfungsi untuk penghilang panas. Kipas juga memiliki fungsi estetika, bahkan memiliki bahasa tersendiri yang unik serta rumit. Ada lusinan tanda berbeda hanya dengan cara membuka dan menutup kipas. Misalnya, jika seorang wanita meletakkan kipas di sebelah pipi kanannya, maka itu berarti “ya”. Sedangkan di pipi kiri berarti “tidak”. Selain itu, mereka juga dapat menunjukkan perasaannya kepada orang lain bahkan menentukan waktu berjanjian hanya dengan menggunakan kipasnya. Tapi berhati-hatilah, jika Anda mengajak seorang wanita untuk berkencan lalu ia menjawabnya dengan mengipasi wajahnya dengan lambat, itu artinya ia telah menikah.

Sumber : http://www.mizan.com/news_det/4-bahasa-rahasia-terunik-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment